Syarat, Biaya & Panduan Lengkap Mengajukan Visa ke jepang sendiri di tahun 2020

Negri sakura pasti akan menjadi destinasi wisata impian setiap warga indonesia khususnya untuk saya sendiri sebagai orang yang sangat suka akan anime asal jepang. apa kalian seperti saya juga? ya nggak harus sama sih. Soalnya jepang memiliki banyak keunikan yang lain seperti wisata yang di tawarkan sangat beragam untuk kamu. Mulai dari wisata budaya dan sejarah sampai ke tempat belanja.

Tapi, Kamu tidak bisa bebas untuk datang begitu saja ke sana tanpa persiapan. Pastinya kamu sudah tau dong yang di maksud dengan persiapan itu pastinya seperti budget biaya yang akan kalian keluarkan pastinya harus sudah tersedia dan rencana penempatan tanggal dan pembelian tiket pesawat yang harus di rencanakan jauh-jauh hari juga harus menyiapkan pengurusan paspor dan visa jepang.

visa jepang

Untuk kamu yang kebingungan apa saja syaran untuk mengajukan visa Jepang dengan mudah dan cepat? nah disini saya akan menjelaskan apa perihal panduan apply visa Jepang buat kamu yang mau jalan jalan ke negri sakura.

Langkah mudah Apply visa ke jepang untuk paspor biasa dan e-paspor

Buat kamu yang ingin ke jepang cek dulu tipe paspor yang kamu miliki, paspor biasa atau paspor elektronik? Paspor elektronik biasa di singkat menjadi e-paspor. Adanya perbedaan untuk pengajuan visa nya dari paspor biasa dan e-paspor ke jepang.

Cara mengajukan visa jepang paspor biasa

Untuk biasa mengajukan visa kejepang dengan paspor biasa kamu bisa apply di Japan Visa Appication Center (JVAC).
JVAC area Jakarta berlokasi di LOtte Shopping Avenue lantai 4, Setiabudi Kuningan Jakarta Selatan.
Untuk pemegang paspor biasa dan e-paspor wajib mengajukan visa nya diisni.

buku paspor

Tapi, kamu gak usah panik untuk yang berdomisili di daerah Denpasar, Surabaya, Makasar dan Medan karena masih tetap bisa mengajukan nya tanpa harus datang ke JVAC yang di jakarta selatan. Sejatinya masih bisa mengajukan di kantor konsulat Jenderal Jepang yang ada di setiap daerah ini.

Syarat pembuatan visa jepang untuk paspor biasa

Pemegang paspor biasa dan ingin pergi jalan jalan kejepang kamu bisa melihat apa saja syarat dan keperluan yang kamu butuhkan untuk pembuatan visa nya :

  1. Paspor yang masih berlaku
  2. Mengisi permohonan visa, download disini.
  3. Menyediakan Pasfoto ukuran 4,5cm x 4,5cm terbaru dengan background putih.
  4. Bukti pembelian tiket pesawawt kejepang pulang dan pergi.
  5. Fotocopy KTP
  6. Jadwal perjalanan selama di jepang (seperti menginap dimana, jalan jalan kemana dll kamu bisa download disini formulirnya).
  7. Khusus yang mau mengajak anak atau keluarga kamu bisa mengajukan visa lebih dari 1 orang, download document nya disini.
  8. Transkrip / bukti cetak rekening koran tabungan 3 bulan terakhir.

Apabila semua sudah kamu lengkapi dalam Cara mengajukan visa jepang paspor biasa ini kamu bisa ajukan ke JVAC (untuk area jakarta) atau ke konsulat jendrap jepang di masing masing domisili wilayah kamu di hari dan jam kerja tentunya.

Pengurusan visa di JVAC juga harus di awali dengan membuat janji kedatangan via online di website VFS Global.

Cara mengajukan visa jepang E-Paspor

permohonan apply visa ke jepang

Selanjutnya Yang akan kita bahas dalam cara mengajukan visa jepang untuk pemegang e-paspor.
Kamu sudah tau belum apa itu penjelasan E-Paspor? kalo belum tau simak penjelasan nya disini.
E-paspor adalah paspor dengan data biometrik yang terdata seperti sidik jari dan wajah pemilik paspor dan terekam di dalam chip khusus pada bagian sampul belakang paspor.

Untuk kamu pemegang e-paspor, ada keuntungan tersendiri buat kamu yang mau ke jepang karna berlaku juga untuk bukti registrasi bebas visa (Visa waiver). Banyak orang yang salah paham kalau ke jepang itu bebas visa, jadi jangan salah paham dlu kalau mendengar ke jepang itu bebas visa.

kamu masih tetap perlu mendaftarkan e-paspor kamu untuk dapat Bukti Registrasi Visa berupa stiker yang bisa di tempelkan pada e-paspormu.

Apa sih bedanya visa waiver dengan visa biasa?

Visa waiver itu merupakan bukti kita sudah melapor ke Kedutaan Besar Jepang apabila mau datang ke negara sakura.

Sedangkan bisa biasa itu merupakan dokumen izin untuk masuk ke negara tujuan. Perbedaab nya ada pada pengurusan nya.
Proses pengurusan visa waiver terbilang jauh lebih mudah dan gampang di banding visa biasa.

Penasaran segampang apa pengurusan visa waiver ini? terus baca artikel ini biar kamu lebih paham.

Syarat pembuatan visa waiver jepang untuk E-Paspor

Untuk persyaratan membuat visa waiver sebetulnya tidaklah ribet akan tetapi ketidak tahuan yang membuat kita agak kebingungan padahal hanya dengan membawa e-paspor dan formulir permohonan saja sudah bisa mengajukan nya, file nya bisa di download disini.

Apabila sudah mendownload formulir pengajuan visa waiver, cetak dlu formulirnya di kertas A4 dan mengisinya secara manual selengkap-lengkapnya.

Gak perlu sampai mencetak di percetakan spanduk kok, kamu cukup mencetak formulirnya di warnet, warung fotocopy atau bisa juga mencetak nya di kedubes Jepang dan mengisi nya dengan puplen warna hitam.

Begitu persyaratan sudah ada, tinggal melapor saja di JVAC dan menunggu sekitar 2 hari masa kerja untuk mendapatkan stiker visa waiver.

Khusus untuk Visa waiver jepang biaya nya gratis kok, jadi gak usah pake calo segala yah.

Masa Berlaku Visa waiver Jepang dan periode pengajuan nya

Jeda masa berlaku visa waiver ini tidaklah lama, karena kategory ini di berikan untuk kalian yang mau wisata, bisnis atau kunjungan singkat ke kerabat atau saudara.

Penggunaan visa waiver ini hanyalah 15 hari (dua minggu) tidak bisa lebih di negara jepang untuk sekali datang.

Bukan berarti masa beralaku visa waivernya yang 15 hari saja yah, kamu harus paham soal visa waiver ini bisa di gunakan kembali sampai 3 tahun lama nya. akan tetapi setiap kamu datang ke negri sakura (jepang) hanya di perbolehkan 15 hari saja.

Biaya Mengajukan Visa jepang 2020

Buat kamu yang nggak punya E-Paspor tapi cuma punya paspor biasa per tanggal 1 April 2019 biaya pembuatan visa ke Jepang ini berbeda untuk setiap visa. Berikut daftar harganya :

  1. Rp 380.000 Untuk Visa Single Entry (Masa berlaku nya sama seperi visa waiver yaitu 15 hari atau 2 minggu).
  2. Rp 770.000 Untuk Visa Multiple Entry (Visa multiple Entry Biasa di gunakan untuk kamu yang mau stay lebih lama).
  3. Rp 90.000 Untuk Visa Transit (Biasanya sudah termasuk di harga tiket pesawat apabila kamu melakukan perjalanan akan tetapi harus melakukan transit karena jarak yang jauh).

Estimasi Proses Pengajuan Visa ke jepang

Proses pengajuan visa Jepang untuk pemegang paspor biasa memang agak memakan waktu sedikitnya 4 hari kerja dan bisa juga lebih, apabila high season maka akan bisa lebih lama lagi.
Tergantuk dari kelengkapan dokumen yang kamu berikan. Tapi, Untuk mengajukan 2 minggu sebelum keberangkatan pasti bakalan bikin deg deg an karena kita sudah memesan tiket dan memesan hotel, bisa gawat apabila di tolak.

Kesimpulan

Mangkanya, semua harus di perhitungkan dengan matang agar pengajuan visa nya berjalan dengan lancar.
Tips dan trik dari saya untuk mengajukan visa ke jepang di tahun 2020 ini kamu bisa menghitung 1 bulan sebelum keberangkatan untuk menunggu visa kamu di aprove.

Add a Comment